Selasa, 27 Mei 2014

Robert Nesta Marley ( BOB MARLEY )

Menjadi seorang rastaman tidak harus berganja. tetapi reggae selalu ada di hati. reggae musik perdamaian dunia. Dan jangan pernah memandang sebelah mata dengan Orang yang berambut gimbal. Gimbal bukan sembarang gimbal lihat lah di DIENG jawa sana tepat nya di daerah Jepara. Si Rambut Gimbal Punya Legenda dan punya cerita. Mau Tau???? Coba dech Cari Tau??

Sejarah Bob Marley


Nama Asli           :  Robert Nesta Marley ( Bob Marley )
Tanggal Lahir     :  6 Februari 1945
Tempat Lahir      :  Saint Ann Parish, Jamaika (Afrika)


"Awal Kehidupan Robert Nesta Marley"
      
           Robert Nesta Marley terlahir dari seorang lelaki berkulit putih dan ibu berkulit hitam.  Ayahnya Bernama Norval Sinclair Marley Seorang lelaki berkulit putih jamaika yang keturunan inggris dan keluarganya berasal dari Essex , Inggris. Norval adalah seorang kapten di Royal Marinir , serta menjabat menjadi pengawas perkebunan, ketika ia menikah Cedella Booker , seorang Afro-Jamaika yang berusia 18 tahun lalu. Norval selalu memberikan dukungan keuangan untuk istri dan anak, tapi dia jarang melihat mereka, karena ia sering berpergian. Pada tahun 1955, ketika Marley berusia 10 tahun, ayahnya meninggal karena serangan jantung pada usia 60. Marley menghadapi pertanyaan-pertanyaan tentang identitas ras nya sendiri sepanjang hidupnya. He once reflected: Dia pernah tercermin :


           Saya tidak punya prasangka terhadap meself.  Ayah saya adalah seorang kulit putih dan ibu saya kulit hitam. Mereka memanggil saya setengah-kasta atau apa pun. dan saya tidak perduli apa kata orang - orang mengenai diri saya. Orang tua saya yang membuat saya dan menyebabkan saya datang dari hitam dan putih.

Add caption
        Tema sentral dalam pesan Bob marley adalah pemulangan orang kulit hitam untuk Sion , yang dalam pandangannya adalah Ethiopia atau Afrika. Dalam lagu-lagu seperti "Black Survivor", "Babel Sistem", dan "Blackman Redemption ", Marley bernyanyi tentang perjuangan orang kulit hitam dan Afrika terhadap penindasan dari Barat atau" Babel ".






             Marley berteman dengan Neville "Bunny" Livingston (kemudian dikenal sebagai Bunny Wailer ), Dia meninggalkan sekolah pada usia 14 untuk membuat musik dengan Joe Higgs , seorang penyanyi lokal dan taat pada Rastafari. Pada jam session dengan Higgs dan Livingston, Marley bertemu Peter McIntosh (kemudian dikenal sebagai Peter Tosh ), yang memiliki ambisi musik sama. Pada tahun 1962, Marley tercatat pertama kalinya mendapat dua single, " Hakim Bukan "dan" Satu Piala Kopi ", dengan produser musik lokal Leslie Kong . Lagu-lagu ini, dirilis pada Beverley's label dibawah samaran Bobby Martell, menarik sedikit perhatian.  Lagu-lagu ini kemudian dirilis ulang pada kotak set Songs of Freedom , koleksi anumerta's kerja Marley.


"Perjalanan Karier di Dunia Musik Reggae bersama The Wailing Wailers"



           Pada tahun 1963, Bob Marley, Bunny Wailer, Peter Tosh, Junior Braithwaite , Beverly Kelso dan Cherry Smith membentuk grup ska dan rocksteady, menyebut diri mereka "The Remaja".  Mereka kemudian berubah nama menjadi "The Rudeboys Ratapan", lalu ke "The Wailing Wailers", pada saat mana mereka ditemukan oleh produser rekaman Coxsone Dodd , dan akhirnya ke " The Wailers ". Pada 1966, Braithwaite, Kelso, dan Smith telah meninggalkan The Wailers, meninggalkan trio inti dari Bob Marley, Bunny Wailer, dan Peter Tosh
                           " Bob Marley Menikahi Rita Anderson"


             Bob Marley menikahi Rita Anderson, penyanyi back-up, pada tahun yang sama. Marley ibu menikah lagi dan pindah ke Wilminton, Delaware dan ingin dia datang juga. Pasangan baru tinggal di Amerika hanya selama sekitar delapan bulan. Marley bekerja sebagai asisten laboratorium dan bekerja pada jalur perakitan di bawah alias Donal Marley, masih sangat fokus pada karir musiknya. Meskipun aliansi berlangsung kurang dari satu tahun, mereka merekam apa yang banyak mempertimbangkan bekerja The Wailers 'terbaik. Marley and Perry split after a dispute regarding the assignment of recording rights, but they would remain friends and work together again. Marley dan Perry berpisah setelah perselisihan mengenai penyerahan hak rekaman, tetapi mereka akan tetap berteman dan bekerja sama lagi. Between 1968 and 1972, Bob dan Rita Marley, Peter Tosh dan Bunny Wailer kembali memotong beberapa lagu lama dengan JAD Records di Kingston dan London dalam upaya untuk mengusahakan Wailers 'Suara. Bunny kemudian menegaskan bahwa lagu-lagu ini "seharusnya tidak pernah dirilis pada album ... mereka hanya demo untuk perusahaan rekaman untuk mendengarkan". Juga pada tahun 1968, Bob dan Rita mengunjungi Bronx untuk melihat Johnny Nash penulis lagu 's Jimmy Norman.

         " Bob Marley & The Wailers "



              Meskipun break-up, Marley terus rekaman sebagai "Bob Marley & The Wailers". barunya backing band termasuk saudara Carlton dan Aston "Family Man" Barrett pada drum dan bass masing-masing, Junior Marvin dan Al Anderson pada lead guitar, Tyrone Downie dan Earl "Wya" Lindo pada keyboard, dan Alvin "Seeco" Patterson pada perkusi. " Aku tipe tiga ", terdiri dari Judy Mowatt , Marcia Griffiths , dan istri Marley, Rita, asalkan backing vokal. Pada tahun 1975, Marley terobosan internasional dengan hit pertama di luar Jamaika, " No Woman, No Cry ", dari Natty Dread album. Hal ini diikuti oleh album terobosan di Amerika Serikat, Rastaman Vibration (1976), yang menghabiskan empat minggu pada Billboard Hot 100 .  Pada bulan Desember 1976, dua hari sebelum " Smile Jamaica ", sebuah konser gratis yang diadakan oleh Jamaika Perdana Menteri Michael Manley dalam upaya untuk meredakan ketegangan antara dua kelompok politik berperang, Marley, istrinya, dan manajer Don Taylor terluka dalam serangan oleh orang bersenjata tak dikenal di dalam rumah Marley. istri Taylor dan Marley luka berat, tapi kemudian membuat pemulihan penuh. Bob Marley menerima luka ringan di dada dan lengan. Penembakan itu diduga bermotif politik, karena banyak orang merasa konser ini benar-benar sebuah reli dukungan untuk Manley. Meskipun demikian, konser berlangsung, dan Marley terluka dilakukan sesuai jadwal, dua hari setelah usaha. Ketika ditanya mengapa, Marley menjawab, "Orang-orang yang mencoba untuk membuat dunia ini lebih buruk. Bagaimana saya?" Para anggota kelompok Zap Pow, yang tidak memiliki keyakinan agama atau politik radikal, dimainkan sebagai backup band Bob Marley sebelum kerumunan festival 80.000 sementara anggota The Wailers masih hilang atau bersembunyi.


                    Marley meninggalkan Jamaika pada akhir 1976, dan setelah dan menulis "bulan-panjang" pemulihan tinggal di lokasi Chris Blackwell 's Compass Point Studios di Nassau, Bahama , tiba di Inggris, di mana ia menghabiskan dua tahun di diri dikenakan pengasingan. Sementara sana ia rekamannya Keluaran dan Kaya album tinggal. Exodus di tangga album Inggris selama 56 minggu berturut-turut. Ini termasuk empat hit single Inggris: "Keluaran", "Menunggu dalam sia-sia", "Jamming", dan " One Love ". Selama waktunya di London, ia ditangkap dan menerima hukuman atas kepemilikan ganja dari sejumlah kecil . Pada tahun 1978, Marley kembali ke Jamaika dan tampil pada konser  politik, Cinta Damai Konser , sekali lagi dalam upaya untuk tenang berperang pihak. Menjelang akhir pertunjukan, dengan itu permintaan Marley, Michael Manley (pemimpin itu-berkuasa Rakyat Partai Nasional ) dan musuhnya politik Edward Seaga (pemimpin menentang Buruh Jamaika Partai ), bergabung satu sama lain di panggung dan berjabat tangan. 



                      Di bawah nama Bob Marley dan album Wailers sebelas dibebaskan, empat album live dan tujuh album studio. sebuah album live double dengan 13 track, dirilis pada tahun 1978 untuk pujian kritis. Album ini, dan khususnya "akhir lagu" Jamming dengan penonton dalam hiruk-pikuk, intensitas ditangkap hidup pertunjukan's Marley.   dan politis album pemberontak, dirilis pada tahun 1979. Trek seperti "Zimbabwe", " Afrika Bersatu "," Wake Up dan Live ", dan" Survival "mencerminkan kita mendukung Marley untuk perjuangan Afrika. Penampilannya di Festival Amandla di Boston pada Juli 1979 menunjukkan oposisi yang kuat ke Afrika Selatan apartheid , yang sudah ditampilkan dalam lagunya " Perang "pada tahun 1976. Pada awal tahun 1980, ia diundang untuk tampil di perayaan 17 April dari Zimbabwe 'Hari Kemerdekaan. Pemberontakan (1980) adalah final studio album Bob Marley, dan merupakan salah satu yang paling religius produksi nya, itu termasuk "Song Penebusan" dan "Selamanya Loving Jah ". Konfrontasi , dirilis secara anumerta pada tahun 1983, berisi materi yang belum pernah dirilis yang direkam selama's Marley seumur hidup, termasuk hit " Buffalo Soldier "dan baru campuran dari single sebelumnya hanya tersedia di Jamaika.

                                                   "Penyakit Yang di derita Marley"



                Itu pada awal tur Eropa ketika Bob cedera kaki bermain sepak bola nya. . Pada bulan Juli 1977, Marley ditemukan memiliki lentiginous acral melanoma , bentuk melanoma maligna . Meskipun sakitnya, ia ingin melanjutkan tur dan sedang dalam proses penjadwalan tur dunia pada tahun 1980.  Tujuannya adalah untuk Inner Circle untuk menjadi pembuka tentang tur penyanyi tetapi setelah mereka memimpin Miller Yakub meninggal di Jamaika Maret 1980 setelah kembali dari misi kepanduan di Amerika Selatan ini tidak lagi disebutkan The Pemberontakan album ini dirilis Mei 1980 dan band menyelesaikan tur besar di Eropa, di mana mereka memainkan konser terbesar mereka, kepada seratus ribu orang di Milan. Setelah tur Marley pergi ke Amerika, di mana ia menampilkan dua pertunjukan di Madison Square Garden sebagai bagian dari Pemberontakan Tour. Tak lama kemudian, kesehatannya memburuk dan ia menjadi sangat sakit, kanker telah menyebar ke seluruh tubuhnya.
  
                                        "Kematian dan Legacy"

              Sementara terbang pulang dari Jerman ke Jamaika, menerima bahwa ia akan mati, fungsi vital Marley memburuk. Setelah mendarat di Miami, ia dibawa ke rumah sakit untuk perhatian medis segera. Ia meninggal di Cedars of Lebanon Hospital di Miami (sekarang University of Miami Hospital ) pada pagi hari tanggal 11 Mei 1981, pada usia 36. Penyebaran melanoma ke paru-paru dan otak yang disebabkan kematiannya. kata-kata terakhir-Nya kepada putranya Ziggy adalah "Uang tidak bisa membeli hidup".  Marley menerima pemakaman kenegaraan di Jamaika pada 21 1981, Mei yang dikombinasikan unsur Gereja Ortodoks Ethiopia dan tradisi Rastafari.  Dia dikuburkan di kapel dekat tempat kelahirannya dengan merah Gibson Les Paul (beberapa catatan mengatakan itu adalah Fender Stratocaster ). Satu bulan sebelum kematiannya, pada 20, April 1981, ia juga telah dianugerahi Order Jamaika dari Merit . Beberapa bulan setelah kematiannya, Jamaika mengeluarkan seri perangko menghormati Bob Marley. 

                          "Penghargaan Bob Marley"


  • 1976: Band of the Year ( Rolling Stone )
  • June 1978: Menerima penghargaan Medali Perdamaian Dunia Ketiga dari PBB
  • February 1981: Menerima penghargaan ketiga tertinggi kehormatan Jamaika, Jamaika Order of Merit
  • March 1994: inducted into the Rock and Roll Hall of Fame
  • 1999: Album Abad untuk Keluaran (Time)
  • February 2001: Sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame
  • February 2001: Menerima penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award
  • 2004: Rolling Stone menempatkan dia # 11 pada daftar mereka dari 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa [46]
  • "One Love"  nama lagu dari milenium oleh BBC
  • Terpilih sebagai salah satu penulis lirik terbesar sepanjang masa oleh sebuah jajak pendapat BBC. [47]
  • 2006:Sebuah plakat biru ini diresmikan di kediaman pertama Inggris di Ridgmount Gardens, London, didedikasikan kepadanya oleh Jak Nubia dan kepercayaan didukung oleh Her Majesty Luar Negeri. masyarakat [48]
  • 2010 "Catch a Fire" inducted into the Grammy Hall of Fame (Reggae Album).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar